Jumat, 05 Desember 2014

PROFIL DAN SEJARAH

Kondisi Geografis

  1. Letak
    Desa Sidomukti merupakan salah satu dari 15 desa di Kecamatan Karanganyar dan salah satu dari 284 desa / kelurahan di Kabupaten Pekalongan yang terletak paling barat di Wilayah Kecamatan Karanganyar yang berbatasan dengan wilayah Kecamatan Kajen Ibukota Kabupaten Pekalongan.
  2. Batas Wilayah
    Batas wilayah Desa Sidomukti Kecamatan Karanganyar sebagai berikut :
    - Sebelah Utara : berbatasan dengan Desa Jetak Kidul Wonopringgo
    - Sebelah Timur : berbatasan dengan Desa Kayugeritan Karanganyar
    - Sebelah Selatan : berbatasan dengan Desa Karangsari Karanganyar
    - Sebelah Barat : berbatasan dengan Desa Banjarejo Karanganyar
  3. Luas Wilayah
    Luas Wilayah Desa Sidomukti Kecamatan Karanganyar adalah 253.155 ha merupakan daerah dataran rendah, dengan ketinggian 25 meter di atas permukaan laut.
  4. Gambaran Umum
    Wilayah Desa Sidomukti Kecamatan Karanganyar sebagian besar merupakan tanah pertanian berupa tanah sawah :Irigasi teknis 17.200 ha, Irigasi setengah teknis 11.019 ha, Pekarangan 30.666 ha, Lain - lain ( Sungai / Jalan / Pemakaman) 7.300 ha, dengan hasil pertanian utama adalah padi, polowijo dan buah - buahan.
Sejarah Desa Sidomukti

          Berdasarkan cerita yang dihimpun para sesepuh desa yang sampai saat ini masih percaya , bahwa desa sidomukti terbentuk sekitar tahun 1928 dengan dipimpin oleh kesepakatan tunjukan seseorang kepala suku, semula wilayah yang sekarang bernama sidomukti adalah "SENTUL" yang juga mempunyai sejarah yaitu bermula dari sebuah tonggak kayu yang bernama tonggak kayu sentul yang sampai sekarang ini masih banyak yang mempercayai kalau sewaktu - waktu kadang muncul ke permukaan sungai dan sampai saat ini pun sentul masih banyak disebut - sebut khalayak ramai. Nama Desa Sentul berarti "Jadi Mukti / Makmur" yang waktu itu dimaksudkan siapapun orangnya yang setia dan taat menjadi warga desa sidomukti diharapkan bisa berjaya hidup makmur. Pada perkembanganya Desa Sidomukti telah mengalami berbagai perubahan dan perkembangan dan telah dipimpin oleh sebanyak 8 kali kepemimpinan kepala desa.
          Secara administrasi Desa Sidomukti berdiri sekitar 1928. Pada waktu itu ada dua wilayah yang bernama Sentul dan Jurangmangu yang masing - masing mempunyai kepala wilayah. Selanjutnya kedua wilayah tersebut sepakat untuk bergabung menjadi satu dan damai. Dan Desa Sidomukti berkembang menjadi tiga perdukuhan yaitu Dukuh Jurangmangu, Dukuh Sidomukti Tengah, Dukuh Sidomukti Timur. Sebagian pemimpin atau Kepala Desa yang bisa kami himpun riwayatnya adalah "KI TA'ADI" (1958 - 1982), kemudian putranya "MADARIP" lewat pencalonan pilihan rakyat meneruskan kepemimpinan desa (1982 - 1998) setelah itu keponakanya yaitu "WALUYO" lewat pilihan langsung masyarakat memimpin Desa Sidomukti (1998 - 2007) dan "SUKINTO" yang sampai purna dan sekarang tahun 2013 - 2019 Kepala Desa Sidomukti adalah Bapak "HASRITO AJI".    

Demografi

          Jumlah Kepala Keluarga : 804
          Jumlah Penduduk Desa menurut usia :
Add caption

2 komentar:

  1. Izin tanya pak/ibu kasih jawaban nya pada tepat ya desa Sidomukti berdiri pada tanggal dan bulan apa nya , disini hanya tahun aja yang di sebutkan.

    BalasHapus